Kemarin, tepatnya hari sabtu tanggal 18 April 2015, teman saya datang ke rumah membawa laptop Acer Aspire 4750z kemudian curhat, dia pengen laptopnya diinstal ulang, tapi masalahnya first boot nya itu hardisk, dia pengen ganti first boot menjadi Dvd atau Usb gak bisa, tekan F12 untuk milih boot juga gak bisa, karena bios nya terproteksi. Penampakan penyakitnya seperti ini :

Dan apabila kita tidak tau password bios nya, kemudian asal masukkin, maka jadi begini :



Solusinya, ada dua pilihan : 
1. bongkar laptop dan cabut batere cmos nya.
2. reset bios menggunakan program dos "clnpwd"

Bagi yang males bongkar-bongkar casing laptop pasti pilih poin yang kedua, yaitu reset bios menggunakan clnpwd. Program clnpwd ini bisa kita jalankan di wondow xp atau window 7, caranya pun gampang, tinggal run program clnpwd.exe kemudian pilih 1 atau 2 , kemudian restart laptop. 


Nah, apabila laptopnya gak bisa boot windows alias windows nya sudah rusak bagaimana dong ? Tenang, clnpwd masih bisa kita jalankan dengan bootable Usb. Langkah-langkanya kira-kira begini :
1. Siapkan USB Flash Disk kosong, kapasitas gak perlu gede, dibawah 1 GB juga bisa.
2. Download clnpwd.zip kemudian extract.
3. Buka folder "DOS" yang ada dalam folder "clnpwd", kemudian extract  "boot_dos.zip" ke folder       "clnpwd". Dan isi folder "clnpwd" akan seperti ini :


4. Instal HP USB Disk Storage Format Tool kemudian jalankan sebagai administrator
5. Pilih device USB Flash Disk yang akan dijadikan usb bootable, file system pilih fat / fat32, ceklis quick format, ceklis create a DOS start up disk, dan arahkan ke folder boot_dos yang telah di extract tadi, kemudian Klik start, Tunggu beberapa saat sampai ada laporan format sukses.


6. Copy paste folder boot_dos dan file clnpwd.exe dari komputer ke flash disk, sehingga isi flash menjadi seperti gamabar di bawah ini :


7. Sekarang tinggal proses mereset bios laptop. Cabut hardisk yang terpasang pada laptop dan colokan flash disk pada sembarang port yang tersedia di laptop tersebut, otomatis boot pertama nya adalah flash disk tadi yah. kemudian nyalakan laptop.
8. Ketika laptop dinyalakan,  boot pertama adalah usb bootable yang telah kita buat tadi akan masuk dos window 98, ketik perintah "dir" untuk membuka isi file flash disk, ketik "clnpwd", kemudian akan tampil 2 menu, pilihlah poin 1 atau 2.


9. Restart Laptop
10. Good luck dan semoga bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment

 
Top